RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII A/Genap
Materi
Pokok : Al-Qiro’ah tentang المهنة
الطبية
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
28
Maret 2016
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang المهنة
الطبية
5.
Membaca
sesuai makhraj huruf.
6.
Memahami
teks.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik teks tentang المهنة الطبية
3.
Memahami teks
dengan baik.
4.
Membaca
dengan fasih dan benar.
|
·
Siswa dapat melafalkan
teks dengan baik dan benar.
·
Siswa
dapat Mengartikan secara sederhana
teks tentang المهنة الطبية
·
Siswa dapat
Menghafal kosa kata yang baru didengar yang terdapat dalam teks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan dan menterjemahkan mufrodat yang terdapat dalam teks.
3.
Peserta
didik dapat membaca teks dengan baik dan benar.
4.
Siswa
dapat memahami teks.
5.
Dapat
menjawab soal sesuia teks.
D.
Materi
pembelajaran
القرءة
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Tarjamah
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Spidol,
absensi.
Sumber : Buku paket
kelas VIII MTs, kamus.
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan apa-apa yang mereka dapatkan
dalam pembelajaran sebelumnya.
·
Siswa
mengumpulkan tugas pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati QIRO’AH tentang المهنة الطبية
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-QIRO’AH.
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan teks.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan المهنة الطبية
2)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
3)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
membaca teks
6)
Siswa
mencari kosa kata yang sulit atau yang baru mereka dengar.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H. Penilaian
Sungai Penuh, 18
Februari 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
No comments:
Post a Comment