RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII A/Genap
Materi
Pokok : Al-Hiwar dan
At-Tarkib Tentang AL-MIHNAH AT-THIBBYTAH
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang
AL-MIHNAH AT-TIBYYAH.
5.
Melakukan
dialog sederhana.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif
dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik dialog tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH..
3.
Memahami
percakapan dengan baik.
4.
Melakukan
dialog sederhana.
5.
Menyebutkan
Mufrodat.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
·
Siswa dapat
memahami percakapan tentang AL-MIHNAH AT-TIBIYYAH.
·
Siswa dapat
melafalkan dengan baik dan benar.
·
Siswa dapat
melakukan dialog serta memahaminya.
·
Siswa dapat
mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan mufrodat yang terdapat dalam dialog.
3.
Peserta
didik dapat melakukan dialog serta memahaminya.
4.
Siswa
dapat mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
5.
Dapat
memberi baris suatu teks sesuai dengan kaidah HARFUN NAWASHIB.
D.
Materi
pembelajaran
A.
Materi
Al-Hiwar
B.
Materi
At-Tarkib
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Langsung
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Al-Quran,
Spidol, absensi,
Sumber : Buku
paket kelas VIII MTs, kamus, LKS
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan profesi yang mereka ketahui.
·
Siswa
mengumpulkan tugas.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati AL-HIWAR & AT-TARKIB tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH.
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-HIWAR & AT-TARKIB AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan/memperagakan dialog.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan topik.
2)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
4)
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok.
5)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
melakukan diolog.
6)
Siswa
mencari contoh FIÍL MADHI dalam AL-QUR’AN.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H.
Penilaian
تدريب
اجر
الحوار مع صديقك كما في المثال !
٭ المكتبة/استعير كتابا.
+ هل
تُرِيد ان تذهب إلى المكتبة ؟ - نعم، تَعال نذهب معا.
- ماذا تريد؟ - أريد ان استعير
كتابا
١ المكتبة / استعير كتابا
٢ المصلى / أصلي الظهر
٣ المقصف / اتناول الفطور
٤ الملعب / العب كرة القدم
Sungai Penuh, 28
Maret 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII A/Genap
Materi
Pokok : Al-Hiwar dan
At-Tarkib Tentang AL-MIHNAH AT-THIBBYTAH
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang
AL-MIHNAH AT-TIBYYAH.
5.
Melakukan
dialog sederhana.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif
dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik dialog tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH..
3.
Memahami
percakapan dengan baik.
4.
Melakukan
dialog sederhana.
5.
Menyebutkan
Mufrodat.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
·
Siswa dapat
memahami percakapan tentang AL-MIHNAH AT-TIBIYYAH.
·
Siswa dapat
melafalkan dengan baik dan benar.
·
Siswa dapat
melakukan dialog serta memahaminya.
·
Siswa dapat
mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan mufrodat yang terdapat dalam dialog.
3.
Peserta
didik dapat melakukan dialog serta memahaminya.
4.
Siswa
dapat mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
5.
Dapat
memberi baris suatu teks sesuai dengan kaidah HARFUN NAWASHIB.
D.
Materi
pembelajaran
A.
Materi
Al-Hiwar
B.
Materi
At-Tarkib
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Langsung
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Al-Quran,
Spidol, absensi,
Sumber : Buku
paket kelas VIII MTs, kamus, LKS
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan profesi yang mereka ketahui.
·
Siswa
mengumpulkan tugas.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati AL-HIWAR & AT-TARKIB tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH.
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-HIWAR & AT-TARKIB AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan/memperagakan dialog.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan topik.
2)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
4)
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok.
5)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
melakukan diolog.
6)
Siswa
mencari contoh FIÍL MADHI dalam AL-QUR’AN.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H.
Penilaian
تدريب
اجر
الحوار مع صديقك كما في المثال !
٭ المكتبة/استعير كتابا.
+ هل
تُرِيد ان تذهب إلى المكتبة ؟ - نعم، تَعال نذهب معا.
- ماذا تريد؟ - أريد ان استعير
كتابا
١ المكتبة / استعير كتابا
٢ المصلى / أصلي الظهر
٣ المقصف / اتناول الفطور
٤ الملعب / العب كرة القدم
LATIHAN AT-TARKIB
تدريب
Sungai Penuh, 24
Maret 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII A/Genap
Materi
Pokok : Al-Hiwar dan
At-Tarkib Tentang AL-MIHNAH AT-THIBBYTAH
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang
AL-MIHNAH AT-TIBYYAH.
5.
Melakukan
dialog sederhana.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif
dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik dialog tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH..
3.
Memahami
percakapan dengan baik.
4.
Melakukan
dialog sederhana.
5.
Menyebutkan
Mufrodat.
6.
Mengenal
kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
·
Siswa dapat
memahami percakapan tentang AL-MIHNAH AT-TIBIYYAH.
·
Siswa dapat
melafalkan dengan baik dan benar.
·
Siswa dapat
melakukan dialog serta memahaminya.
·
Siswa dapat
mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan mufrodat yang terdapat dalam dialog.
3.
Peserta
didik dapat melakukan dialog serta memahaminya.
4.
Siswa
dapat mengenal kaidah TASHRIF FIÍL MADHI
5.
Dapat
memberi baris suatu teks sesuai dengan kaidah HARFUN NAWASHIB.
D.
Materi
pembelajaran
A.
Materi
Al-Hiwar
B.
Materi
At-Tarkib
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Langsung
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Al-Quran,
Spidol, absensi,
Sumber : Buku
paket kelas VIII MTs, kamus, LKS
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan profesi yang mereka ketahui.
·
Siswa
mengumpulkan tugas.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati AL-HIWAR & AT-TARKIB tentang AL-MIHNAH AT-TIBBIYAH.
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-HIWAR & AT-TARKIB AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan/memperagakan dialog.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan topik.
2)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan AL-MIHNAH
AT-TIBBIYAH.
3)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
4)
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok.
5)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
melakukan diolog.
6)
Siswa
mencari contoh FIÍL MADHI dalam AL-QUR’AN.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H.
Penilaian
تدريب
اجر
الحوار مع صديقك كما في المثال !
٭ المكتبة/استعير كتابا.
+ هل
تُرِيد ان تذهب إلى المكتبة ؟ - نعم، تَعال نذهب معا.
- ماذا تريد؟ - أريد ان استعير
كتابا
١ المكتبة / استعير كتابا
٢ المصلى / أصلي الظهر
٣ المقصف / اتناول الفطور
٤ الملعب / العب كرة القدم
LATIHAN AT-TARKIB
تدريب
Sungai Penuh, 24
Maret 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
No comments:
Post a Comment