RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs
Negeri Model Sungai Penuh
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
VII D / Genap
Materi Pokok : (الحوار و
التركيب) بيتي
Alokasi Waktu : 3 x
45 Menit (satu kali pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
6.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan
teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan
masalah
|
|
6.2. Percakapan dengan menggunakan mufradat tentang “بيتي”.
Memahami mubdata’ dan khobar, memahami cara penggunaan kata tanya لمن,
ماذا و من
|
6.2.1. Berkomunikasi dengan menggunakan mufradat tentang “بيتي”
6.2.2. Paham tentang mubtada’ dan khobar
6.2.3. Paham tentang penggunaan kata tanya
لمن, ماذا و من
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat melakukan percakapan dengan menggunakan mufradat yang telah di
pelajari
2.
Peserta
didik dapat memahami tentang mubtada’ dan khobar serta perbedaannya dengan
mubtada’ muakhkhar dan khobar muqaddam serta contohnya
3.
Peserta
didik dapat menggunakan kata لمن,
ماذا و من didalam
kalimat tanya dan bagaimana bentuk jawabannya.
D.
Materi
pembelajaran
1.
Hiwar
tentang alat-alat yang terdapat didalam sebuah ruangan
2.
Pengertian
dan contoh khobar muqaddam dan mubtada’ muakhkhar
Mubtada’
Muakhkhor
|
Khobar
Muqaddam
|
حديقة
|
وراء
البيت
|
وسادة
|
على
السرير
|
سيارة
|
أمام
الدراجة
|
3.
Kata
tanya
Jawaban
|
Pertanyaan
|
Kata
tanya
|
في
الحمام صابون
|
ماذا في الحمام؟
|
ماذا
|
أمام
البيت حديقة
|
ماذا
أمام البيت؟
|
|
أمام
المدرسة مدرسة
|
من
أمام المدرسة؟
|
من
|
في
المكتب موظف
|
من
في المكتبة؟
|
|
ذلك
البيت لعثمان
|
لمن
ذالك البيت؟
|
لمن
|
هذه
الغرفة لفرحان
|
لمن
هذه الغرفة؟
|
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
langsung
2.
Metode
ceramah
3.
Metode
demontrasi
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Spidol, absensi
Sumber : Buku paket kelas VII MTs,
kamus
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyuruh siswa untuk mengumpulkan tugas rumah yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya
·
Guru
mengecek hafalan mufradat siswa yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
2.
Kegiatan
Inti
·
Guru
mengajak semua siswa melakukan percakapan dengan menggunakan mufradat yang
telah dihafal tentang بيتي
·
Guru
menjelaskan pengertian tentang mubtada’ dan khobar dan contohnya
·
Guru
menjelaskan tentang perbedaan antara mubtada’ muqaddam dengan mubtada'
muakhkhar dan antara khobar muakhkhor dengan khobar muqaddam
·
Guru
menjelaskan tentang bagaimana caranya menggunakan kata tanya
لمن,
ماذا و من didalam sebuah kalimat tanya dan bagaimana
bentuk jawaban disetiap kata tanya tersebut
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang belum dipahami.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Guru
memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah (berupa hafalan mufradat) untuk siswa
H.
Penilaian
أ. أجري الحوار كما في المثل
1. الماء في الحمام 6. الملبس في
الخزانة
2. التلفون في غرفة المكتب 7. المرسمة في المقلمة
3. الشجرة في الحديقة 8. السرير في غرفة النوم
4. الصورة على الحائط 9. المائدة في غرفة
الأكل
5. الزهرة في غرفة الزجلوس 10. الشاي على المائدة
ب. ضع الأسئلة مستعينا بأدوات الأستفهام
المناسبة! (أين-ماذا-من-لمن)
1. لمن هذا السرير؟ هذا السروال لرفيق
2. ........؟
التلفزيون في غرفة الجلوس
3. ........
؟ في غرفة المكتب تلفون
4. .........
؟ هذه الوسادة لرفقي
5. ........
؟ في غرفة النوم أخي الصغير
6. ........
؟ الحمام جانب المطبخ
7. ........
؟ في غرفة المكتب فكس
8. ........
؟ وراء الفصل موظف المكتب
9. .........
؟ تلك الزهرية لعمر
10.
..... ؟ جانب المصلى
الأستاذ حافظ
Sungai
Penuh, 24 Maret 2016
Guru
Pamong
EKA
DEWI ZONA, S.Ag
NIP. 19761215
200710 2 001
|
|
Mahasiswa
ANGGA
HARDIANTO
NIM. 07.236.12
|
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
No comments:
Post a Comment