KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita ucapkan kehadirat
Allah SWT yang mana beliau telah memberi kita kesehatan dan kesempatan sehingga
kita dapat melaksanakan aktivitas sebagaimana biasanya. Kemudian shalawat dan
salam tidak lupa kita hadiahkan buat junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Pertama-tama sekali, saya ingin
mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang ikut
serta mensukseskan kegiatan PPL-STAIN Kerinci di MTsN Model Sungai Penuh pada
tahun 2015/2016. Mulai dari awal hingga akhir, mungkin kami telah melakukan
banyak kekhilafan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami memohon maaf yang
sedalam-dalamnya kepada pihak Madrasah, baik pemimpin, guru, dan karyawan serta
seluruh siswa-siswi MTsN Kemantan.
Akhirnya, dengan selesainya kegiatan
PPL_STAIN Kerinci di MTsN Model Sungai Penuh, mudah-mudahan semua pengalaman
dan pengetahuan yang kami dapatkan menjadi bekal untuk masa yang akan datang
yang lebih baik.
Sungai Penuh , 16 Maret
2016
Mahasiswa PPL
ANGGA HARDIANTO
NIM:
07.224.12
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. Dalam
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Praktek Pengalaman Lapangan diaplikasikan
dalam bentuk praktek mengajar dan kegiatan edukasi lainnya lembaga sekolah.
Berdasarkan
cetusan Undang-undang profesi yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
tanggal 6 Desember Tahun 2005 guru ditetapkan sebagai profesi. Dengan demikian
pekerjaan guru selain harus mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan.
Praktek
Pengalaman Lapangan yang dilakukan mahasiswa merupakan salah satu wadah agar
mahasiswa mendapatkan pengalaman profesi yang dapat diandalkan. Dalam PPL
mahasiswa akan dihadapkan pada kondisi real aplikasi bidang keilmuan, seperti
kemampuan mengajar, kemampuan bersosialisasi dan bernegosiasi, dan kemampuan
manageril kependidikan lainnya.
Di
jurusan Tarbiyah STAIN Kerinci, PPL tidak hanya kegiatan mengajar yang harus
ditempuh oleh mahasiswa, tetapi juga menyangkut kemampuan berpartisipasi,
membangun dan mengembangkan potensi pendidikan dimana ia berlatih.
Berpartisipasi tersebut dapat berupa keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan
ekstra seperti pembuatan dan pengembangan majalah sekolah, teater, penulisan
kreatif, kelompok diskusi dan sebagainya.
B. TUJUAN
Tujuan
pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan Jurusan Tarbiyah STAIN Kerinci adalah
sebagai berikut:
1.
Memberikan
wahana aplikasi keilmuan bagi mahasiswa.
2.
Memberikan
pengalaman profesional mahasiswa sebagai calon guru, sehingga benar-benar
menjadi lulusan kependidikan yang siap terjuan di masyarakat khususnya dunia
kependidikan.
3.
Menjalin
kerjasama edukasional dengan lembaga sekolah sebagai mitra dalam
penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
C. MANFAAT
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat memberikan manfaat kepada
semua pihak yang terkaik yaitu mahasiswa, sekolah dan perguruan tinggi yang
bersangkutan.
1.
Manfaat bagi
mahasiswa
a.
Mendapatkan
kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan kedalam
proses belajar.
b.
Mengetahui dan
memahami secara langsung proses kagiatan pembelajaran.
c.
Mendewasakan
cara berfikir, meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan
penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan.
d.
Meningkatkan kemampuan
mahasiswa dalam penyusunan perangkat pembelajaran dan pengajaran di kelas.
2.
Manfaat bagi
sekolah
a.
Meningkatkan
kualitas pendidikan.
b.
Mendapatkan
informasi terbaru tentang dunia pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa dari
perkuliahan.
c.
Sekolah mendapat
masukan dan saran yang dapat membangun sekolah ke arah yang lebih maju.
d.
Memperoleh
transfer pengetahuan mengenai metode-metode dan model-model pembelajaran
terkini sesuai dengan bidang studi yang berkaitan.
3.
Manfaat bagi
perguruan tinggi
a.
Memperoleh
masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
penelitian.
b.
Memperluas dan
meningkatkan jaringan dam kerjasama dengan sekolah yang terkait.
c.
Memperoleh
masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL sehingga kurikulum, metode dan pengelolaan
proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
BAB
II
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Gambaran
Umum MTsNModel Sungai Penuh
1.
Data
Madrasah
1.
Nama Madrasah :
MTsN Model Sungai Penuh
2.
Nomor Statistik Madrasah : 12.11.15.01.001
3.
NPSN :
10502426
4.
Satker :
425978
5.
Alamat Madrasah :
a. Jalan : M.
Husni Thamrin
b. Desa : Sumur
Anyir
c. Kecamatan : SungaiPenuh
d. Kabupaten/
Kota/Provinsi : Kerinci/
SungaiPenuh/Jambi
e. Telepon : 0748-21266
6.
Status Madrasah : Negeri
7.
Status Tanah
Madrasah : Milik Sendiri
8.
Luas Tanah : 5.671 M2
9.
Sertifikat Tanah : Ada
2. Kepala
Madrasah
1.
Nama Kepala
Madrasah : ARIYEN, S.Pd, M.PdI
2.
Nomor Induk
Pegawai : 197210291998031003
3.
Tempat dan
Tanggal Lahir : Kemantan Kebalai,
26 Oktober
1972
4.
Pendidikan
terakhir : Strata II
(S2)
5.
Fakultas/Jurusan : Manajemen Pendidikan
Islam
6.
SK PNS :
No.W.e/1-b/Pt/Kp.07.6/491/1999,Tgl.28-07-
1999
7.
SK Kepala
Madrasah :
Kw.05.1/2/KP.07.6/24/2012, Tgl.
12-01-2012
8.
Diklat yang pernah diikuti :
a.
Prajabnas di
Provinsi Jambi tahun 1999
b.
Diklat KTSP
Kanwil Depag Provinsi Jambi Tahun 2000
c.
Diklat Manajemen
di LPMP Provinsi jambi Tahun 2010
d.
Diklat Guru
Ekonomi di LPMP Provinsi Jambi Tahun 2002
e.
Diklat Keuangan
Kanwil Depag Provinsi Jambi Tahun 2010
f.
Diklat
Sertifikasi di LPMP Pekan Baru Tahun 2011
9.
Pengalaman Kerja dalam Bidang Pendidikan:
a. Guru
MAN 2 Sungai Penuh, Tahun 1999 – 2007
b.
Kepala MIN
Kemantan, Tahun 2007 – 2010
c.
Kepala MTsN
Kemantan, Tahun 2010-2012
d.
Kepala MTsN
Model Sungai Penuh, 2012 s.d. Sekarang
3.
Sejarah
Singkat MTsN Model Sungai Penuh
a.
PGA 4 th. Swasta
berdiri tanggal 2 mei 1961. Kepala Burhanuddin Leman.BA, dengan tenaga pengajar
3 orang (Syafe’i,BA, Sabri Ilyas,BA, M.Muhyiddin).
b.
PGAN 4 th.Sungai
Penuh, SK penegerian pada tanggal 14 Februari 1962, KMA No. 11 Tahun 1962,
Tahun Pelajaran 1962/1963. Kepala Burhanuddin Leman.BA, dari Tahun 1962
s.d.1965.
c.
PGAN 6 th.
Sungai Penuh, sesuai Surat Keputusan Menteri Agama No. 38 Tahun 1965, tanggal
07 Juni 1965, Kepala Burhanuddin Leman.BA, dari Tahun 1965 s.d. 1979.
d.
MTsN Sungai
Penuh,sesuai Surat Keputusan Menteri Agama, No. L.E/1/6/PT/210/1979 th 1979
tanggal 01 Mei 1979.
e.
MTsN Sungai
Penuh dikukuhkan menjadi MTsN Model Sungai Penuh, dengan Piagam/ Surat
Keputusan Menteri Agama tanggal 14 Maret 1998.
4.
Keadaan
Guru MTsN Model
Penuh
Jumlah
guru di MTsN Model Sungai Penuh sudah cukup memadai. Dari jumlah keseluruhan
sebanyak 45 orang yang terdiri dari guru tetap dan guru tidak tetap.
Masing-masing telah menamatkan studi diberbagai tempat, yang keseluruhannya
sudah tamat strata 1. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada tabel di bawah
ini.
Tabel
1 : Kondisi Guru MTsN Model Sungai Penuh
No
|
Ijazah
Tertinggi
|
Guru Tetap
|
GTT
|
Guru Bantu
|
Jumlah
|
1
|
S2
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2
|
S1 / A4
|
37 orang
|
7 orang
|
-
|
44 orang
|
3
|
D3/ Sarmud
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
38 orang
|
7 orang
|
-
|
45 orang
|
Dokumentasi
MTsN Model Sungai Penuh Tahun 2016
5. Keadaan Siswa MTs Negeri Model Sungai Penuh
1.
Kondisi Siswa
Tabel 2
: Kondisi Siswa MTsN Model Sungai
Penuh
No
|
TAPEL
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
|
|||||
Kelas VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas IX
|
||||||
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
LK
|
PR
|
|||
1
|
2010/2011
|
79
|
83
|
67
|
81
|
73
|
68
|
461
|
2
|
2011/2012
|
79
|
89
|
72
|
81
|
72
|
75
|
468
|
3
|
2012/2013
|
86
|
90
|
83
|
64
|
71
|
73
|
467
|
4
|
2013/2014
|
143
|
119
|
81
|
80
|
84
|
58
|
565
|
5
|
2014/2015
|
122
|
122
|
138
|
128
|
75
|
82
|
679
|
6
|
2015/2016
|
145
|
143
|
121
|
120
|
129
|
121
|
677
|
Dokumentasi MTsN Model
Sungai Penuh 2016
2.
Siswa Regular
Tabel 3
: Siswa Kelas Regular MTsN Model
Sungai Penuh
No
|
Kelas
|
Jumlah
|
Ket
|
||
LK
|
P
|
LK/P
|
|||
1
|
VII
|
107
|
121
|
228
|
PBM
dilaksanakan pagi pada 07.05 – 14.05
|
2
|
VIII
|
75
|
117
|
192
|
|
3
|
IX
|
90
|
88
|
178
|
|
Jumlah
|
272
|
326
|
598
|
Dokumentasi
MTsN Model Sungai Penuh 2016
3.
Siswa Unggul
Tabel
4 :
Siswa Kelas Unggul MTsN Model Sungai Penuh
No
|
Kelas
|
Program
|
Jumlah
|
Ket
|
||
L
|
P
|
L/P
|
||||
1
|
VII A
|
Unggul IPA
|
16
|
24
|
40
|
PBM
dilaksanakan pagi pada 07.05 – 16.00
|
2
|
VII B
|
Unggul Bahasa
|
20
|
19
|
39
|
|
3
|
VIII A
|
Unggul IPA
|
17
|
21
|
38
|
|
4
|
VIII B
|
Unggul Bahasa
|
13
|
26
|
39
|
|
5
|
IX A
|
Unggul IPA
|
19
|
20
|
39
|
|
6
|
IX B
|
Unggul Bahasa
|
17
|
15
|
32
|
|
Jumlah
|
102
|
125
|
227
|
Dokumentasi
MTsN Model Sungai Penuh 2016
6.
Keadaan
Sarana dan Prasarana
Tabel
5 :
Sarana dan Prasarana MTsN Model Sungai Penuh
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Luas
M²
|
Ket
|
1
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
36
|
|
2
|
Ruang Kepala Urusan
Tata Usaha
|
1
|
64
|
|
3
|
Ruang Wakil Kepala
Madrasah
|
-
|
-
|
|
4
|
Ruang BP/BK
|
-
|
-
|
|
5
|
Ruang Majlis Guru
|
1
|
-
|
|
6
|
Ruang OSIM/PMR
|
1
|
-
|
|
7
|
Ruang UKM (Usaha
Kesehatan Madrasah)
|
1
|
-
|
|
8
|
Ruang Kelas (ruang belajar)
|
13
|
966
|
|
9
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
120
|
|
10
|
Laboratorium Bahasa
|
1
|
100
|
|
11
|
Laboratorium IPA
|
1
|
100
|
|
12
|
Laboratorium Komputer
|
-
|
-
|
|
13
|
Ruang Keterampilan
|
1
|
120
|
|
14
|
WC Kepala Madrasah
|
1
|
3
|
|
15
|
WC Guru dan Pegawai
|
2
|
3
|
|
16
|
WC Siswa
|
15
|
45
|
|
17
|
Rumah penjaga
madrasah
|
1
|
40
|
|
18
|
Tempat parkir roda 2
|
4
|
80
|
|
19
|
Masjid
|
1
|
168
|
|
20
|
Gudang
|
-
|
-
|
|
21
|
Tempat PKS/PKM
|
-
|
-
|
|
22
|
Tempat Wudhu Siswa
|
2
|
30
|
|
Jumlah
|
45
|
1875
|
|
Dokumentasi
MTsN Model Sungai Penuh 2016
Tabel
6 :
Alat MTsN Model Sungai Penuh
No
|
Jenis Sarana /
Alat
|
Jumlah
|
Ket
|
1
|
Mesin Jahit
|
8 unit
|
|
2
|
Mesin Obras
|
-
|
|
3
|
Mesin Jahit Manual
|
-
|
|
4
|
Mesin Ketik Manual
|
2 unit
|
|
5
|
Komputer
|
21unit
|
|
6
|
Orgen
|
1 unit
|
|
Dokumentasi
MTsN Model Sungai Penuh 2016
7.
Stuktur
Organisasi MTs Negeri Model Sungai Penuh
|
|
8.
Visi
dan Misi MTsN Model Sungai Penuh
1). Visi
Terwujudnya lembaga pendidikan yang
terpercaya dalam penyelenggaraan pendidikan bermutu dan bertanggung jawab,
dilandasi suasana yang islami, kondusif, bermakna dan menyenangkan.
2). Misi
a) Penataan
struktur, manajemen dan sumber daya madrasah yang ideal, bersih dan fleksibel
sebagai wadah pelayanan masyarakat yang terpercaya.
b) Penyelenggaraan
proses pembelajaran yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas.
c) Pengembangan
potensi tenaga kependidikan dan peserta didik menjadi sumber daya manusia yang
terampil dan bertanggung jawab, dilandasi dengan iman, taqwa dan akhlak mulia.
9.
Motto
MTsN Model Sungai Penuh
KREATIF
(Kompak, Rasional, Etis, Amanah, Transparan, Fleksibel) dan BERMUTU (Bersih,
Ekonomis, Rindang, Mandiri, Ulet, Tekun, Utuh).
10. Strategi
Pengembangan MTsN Model Sungai penuh
1)
Mempelajari Ilmu
Pendidikan Agama Islam dan akhlak mulia sebagai ciri khas Madrasah.
2)
Melaksanakan
kurikulum 2013.
3)
Menerapkan
proses pembelajaran yang mendidik dan dialogis.
4)
Mengembangkan
program lokal unggul, regular, dan remedial.
5)
Menyediakan
sumber belajar yang cukup mendidik.
6)
Mengembangkan
system evaluasi yang komprehensif.
7)
Mengembangkan
dan meningkatkan keprofesionalan tenaga kependidikan melalui wadah MGMP,
workshop, sanggar belajar, studi banding dll.
8)
Mengembangkan
potensi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler (Sanggar seni, pramuka,
UKM, PMR, keterampilan menjahit, komputer, drumb band dan bela diri)
9)
Menerapkan
otonomi manajemen berbasis madrasah.
10) Memberdayakan
peran masyarakat sebagai warga madrasah melalui wadah komite madrasah.
11) Menjadikan
madrasah sebagai pusat belajar yang kondusif dan menyenangkan.
12) Memupuk
kebersamaan dalam mengaktualkan visi dan misi.
BAB III
PELAKSANAAN PPL
A.
Laporan Kegiatan Proses Belajar Mengajar (PPL)
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Mengucapkan salam dan basmallah
serta megontrol kahadiran siswa dengan mengisi absensi kehadiran siswa.
b.
Apersepsi
Peserta didik dibimbing untuk
mengingat kembali tentang pelajaran yang telah lalu/yang dipelajari sebelumnya
yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diberikan.
c.
Motivasi
1.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan .
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Meminta peserta didik untuk mencermati
materi yang lalu dan hubungannya dengan materi yang akan dibahas;
· Materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi
guru dan belajar dari aneka sumber;
· Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya;
· Memfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
·
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
· Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
· Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
· Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individu
maupun kelompok;
· Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru
·
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik;
·
Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagi sumber;
·
Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memmperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan;
·
Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bemakna dalam memperoleh
kompetensi dasar;
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah;
Ø Memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Member informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
Ø Membeikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Dalam kegiatan ini, guru:
·
Bersama-sama
dengan peserta didik membuat kesimpulan pelajaran yang telah diberikan;
·
Melakukan
penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang telah sudah dilaksanakan secar
konsisten dan terprogram;
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan,
layanan konseling, atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan Hamdallah
*Untuk Laporan
jadwal mengajar ada di Lampiran (RPP)
B.
Deskripsi Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kegiatan Akademik
Non-Teaching
Dalam hal ini, kita juga berperan
aktif, dimana Mahasiswa diberi kesempatan untuk Kegiatan Akademik Non-Teaching,
sebenarnya inilah proses. Dimana secara indivual, saya sering masuk
kelokal-lokal mengisi kekosongan bagi guru yang berhalangan hadir pada jam
mengajar, disini saya memberikan motivasi kepada siswa-siswi, baik itu motivasi
yang berkenaan dengan proses belajar atau dengan kedisiplinan dan lain
sebagainya
Disamping memberikan motivasi
kepada siswa, saya juga ada memberikan materi-materi yang berkaitan dengan
jam pelajaran yang sedang dijadwalkan
tersebut, artinya disini, tenaga pendidik itu memang dituntut untuk profesional.
C.
Deskripsi Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kegiatan Ekstra
kurikuler
Kegiatan kurikuler adalah kegiatan
yang sangat memberikan manfaat dan pengalaman yang amat berharga dalam kegiatan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dimana kesempatan seperti ini tidak akan
pernah ditemukan dikampus atau Perguruan Tinggi, namun terkadang banyak
Mahasiswa yang mengabaikan hal ini, yang
ia prioritaskan hanyalah mengajar dan
mengajar, dan yang dikejarnya hanyalah ketercapaian dari Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) saja, sehingga kurang bisa berinteraksi dengan
lingkungan dimana ia melaksanakan PPL tersebut.
Dalam pelaksanaan PPL di MTsN
MODEL Sungai Penuh, secara pribadi, saya mengalami banyak perubahan, dimana
saya mendapatkan banyak pengalaman, terutama ini berkaitan dengan kegiatan
Ekstra Kurikuler, seperti gotong royong membersihkan Lingkungan, menjadi
Assistant kelas, ikut serta melatih persiapan O2SN, Menyelenggarakan Perlombaan
Rangking 1,dan lain sebagainya.
Disamping itu, saya pernah masuk
ke beberapa kelas untuk kegiatan Proses Belajar Mengajar padahal seharusnya
bukan jadwal saya, namun saya berserta teman-teman PPL merasa punya kewajiban
untuk mengajar mata pelajaran yang lain karena Guru yang mengajar pelajaran
tersebut terkadang ada halangan sehingga mewakilkan kepada saya untuk mengajar
di lokal tersebut.
D.
Deskripsi Tentang Keberhasilan-Keberhasilan yang dialami
Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL
1.
Proses Pembimbingan
Proses
pembimbingan kepada mahasiswa Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) dilakukan oleh guru pamong serta dosen pembimbing.
Bimbingan yang diberikan meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), penyusunan perangkat pembelajaran serta pelatihan mengajar.
Beberapa
contoh bimbingan yang diberikan oleh dosen pembimbing serta guru pamong
diantaranya dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mereka akan
memberikan masukan dan revisi jika terjadi kekeliruan. Berkonsultasi kepada
dosen pembimbing dan guru pamong mengenai proses dan penyampaian
materi pembelajaran, serta bagaimana mengkondisikan kelas. Guru pamong dan
dosen pembimbing akan memberikan evaluasi serta masukan agar praktikan dapat
berkembang lebih baik lagi.
2.
Guru Pamong
Guru
pamong yang membimbing mahasiswa Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris adalah Ibuk
EKA DEWIZONA, S.Ag. Beliau memberikan
masukan dan ilmu yang berguna untuk mahasiswa. Ibuk EKA DEWIZONA, S.Ag., juga
merupakan lulusan program kependidikan Bahasa Arab sehingga mengerti dan mempunyai wawasan
tentang perkembangan anak yang belajar tentang Bahasa Arab. Komunikasi yang
baik serta sikap yang kooperatif dari guru pamong sangat membantu praktikan,
sehingga dapat berdiskusi untuk kemajuan praktikan itu sendiri.
3.
Dosen Pembimbing
Dosen
pembimbing untuk mahasiswa Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) di MTsN Model Sungai
Penuh adalah Bapak AHMAD ZUHDI, MA ,beliau membimbing mahasiswa selama kegiatan
PPL dengan baik mulai dari proses awal pelepasan sampai penarikan akhir. Dosen
pembimbing memberikan masukan-masukan yang berguna bagi mahasiswa PPL. Walaupun
tidak setiap saat memantau, namun komunikasi tetap berjalan baik sehingga
proses bimbingan masih tetap dapat berlangsung.
E. Deskripsi
tentang kendala-kendala yang dialami Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL
1.
Kondisi yang mendukung
a.
Fasilitas dan sarana prasarana yang
memadai.
b.
Guru pamong dan dosen pembimbing memberikan
masukan yang berguna bagi kemajuan praktikan seperti bagaimana materi yang
tepat yang akan dipakai, metode yang cocok untuk mengajar, media untuk
mengajar, bagaimana mengkondisikan anak, perangkat pembelajaran yang sesuai
dengan usia anak dan sebagainya.
c.
Koordinasi yang cukup baik antar
guru, siswa dan perangkat sekolah lainnya.
d.
Semangat serta respon yang baik dari
para siswa dalam menanggapi keberadaan
praktikan di saat pembelajaran maupun di luar kegiatan pembelajaran.
2.
Kondisi yang menghambat
a.
Terkadang terjadi pengunduran waktu
belajar karena pada saat jam pelajaran saya masuk siswa ada yang mengikuti
kegiatan lomba O2SN sehingga lokal yang akan saya ajarkan diminta menjadi
supporter pada lomba tersebut.
b.
Kemampuan guru PPL yang masih harus
terus diasah dalam hal mengkondisikan kelas.
3. Anggota Peserta PPL
Jumlah anggota PPL yang
melaksanakan PPL di SMP
Negeri 7 Sungai Penuh berjumlah 22 orang, dengan
rincian sebagai berikut:
Anggota
Peserta PPL
NO
|
Nama
Peserta PPL
|
Jurusan
|
Bidang
Studi Yang Diwajibkan Mengajar
|
Guru
Pamong
|
1
|
Angga Hardianto
|
Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
|
Bahasa Arab
|
Eka Dewizona, S.Ag
|
2
|
Asifa Resa Utami
|
Pendidikan Biologi (PBIO)
|
Biologi
|
Asmiati, S.Pd
|
3
|
Asmar Husen
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
SKI, Akidah Akhlak, Fiqih dan Al-Qur’an Hadis
|
Zurpan, S.Ag
|
4
|
Doni Satria
|
Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
|
Bahasa Inggris
|
Sufriadi, S.Pd
|
5
|
Fiqih Jourdan
|
Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
|
Bahasa Arab
|
Eka Dewizona, S.Ag
|
6
|
Haris Harahap
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
SKI, Akidah Akhlak, Fiqih dan Al-Qur’an Hadis
|
Zurpan, S.Ag
|
7
|
Hemelisa Priska
|
Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
|
Bahasa Inggris
|
Sufriadi, S.Pd
|
8
|
Husni Ernita
|
Pendidikan Matematika (PBMTK)
|
Matematika
|
Asmiati, S.Pd
|
9
|
Masdanur
|
|
|
|
10
|
Mitra Pradinata
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
SKI, Akidah Akhlak, Fiqih dan Al-Qur’an Hadis
|
Zurpan, S.Ag
|
11
|
Novia Desriyeni
|
Pendidikan Matematika (PBMTK)
|
Matematika
|
Asmiati, S.Pd
|
12
|
Rahma Wati
|
Bimbingan Konseling Islam (BKI)
|
BK
|
Lesi Refdita, S.Pd
|
13
|
Ronazul Pita
|
Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
|
Bahasa Arab
|
Eka Dewizona, S.Ag
|
14
|
Santi Murni
|
Pendidikan Matematika (PBMTK)
|
Matematika
|
Asmiati, S.Pd
|
15
|
Silvia Maida Restuti
|
Menajemen Pendidikan Islam (MPI)
|
BK
|
Lesi Refdita, S.Pd
|
16
|
Tisya Humairoh
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
SKI, Akidah Akhlak, Fiqih dan Al-Qur’an Hadis
|
Zurpan, S.Ag
|
17
|
Utari Nur Permata
|
Pendidikan Matematika (PBMTK)
|
Matematika
|
Asmiati, S.Pd
|
18
|
Wira Safrinda Jaya
|
Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
|
Bahasa Inggris
|
Sufriadi, S.Pd
|
19
|
Yeli Zastika
|
Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
|
Bahasa Inggris
|
Sufriadi, S.Pd
|
20
|
Venny Alvionita
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
SKI, Akidah Akhlak, Fiqih dan Al-Qur’an Hadis
|
Zurpan, S.Ag
|
4. Struktur Organisasi Mahasiswa PPL
Terlampir
5.
Kurikulum
Kurikulum
yang di pakai di MTsN Model Sungai
Penuh,yaitu Kurikulum 2013.
6. Temuan-Temuan
Selama
melaksanakan praktik pengalaman
lapangan (PPL)ini,ada beberapa temuan-temuan yang ditemukan penulis,penemuan
tersebut antara lain:
Ø Kondisi sekolah yang bisa dikatakan
tidak memadai.
Ø Sarana dan prasarana yang kurang
memadai untuk menunjang ketercapaiannya tujuan pembelajaran yang baik.
Ø Tidak adanya lapangan yang memadai
untuk menunjang kegiatan belajar olahraga.
Ø Sekolah dapat menerima dengan baik
tindakan,bahkan pemikiran mahasiswa yang diperoleh dari kampus.
7. Pemecahan Masalah
Berdasarkan hal-hal di atas,maka perlu adanya sebuah
renovasi,dan adanya kepedulian dari masyarakat bahkan dari pemerintah.
P E N
U T U P
A. Kesimpulan
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MTsN
MODEL Sungai Penuh telah berjalan dengan baik. Kerjasama yang terbangun
antara guru pamong, dosen pembimbing, siswa, dan seluruh perangkat sekolah
sangat membantu praktikan dalam proses PPL tersebut.
Sarana dan prasarana yang memadai juga menunjang
keberhasilan penyelenggaraan program. Serta keprofesionalan seorang guru dalam
menyusun dan mengelola pelaksanaan program pembelajaran akan lebih memberikan
dampak yang lebih positif. Sehingga melalui kegiatan praktik pengalaman
lapangan (PPL), praktikan dapat mengetahui segala sesuatu yang bermanfaat dalam
melaksanakan program pengajaran yang sesungguhnya kelak.
B. Saran
Pelaksanaan PPL
juga tidak terlepas dari kekurangan dan kelemahan, perlu adanya saran-saran
sebagai berikut:
1.
Mahasiswa harus dapat menyesuaikan
diri dengan lingkungan tempat PPL, disiplin dan harus dapat melakukan tugas
yang diberikan dengan baik. Selain itu mahasiswa juga harus memiliki
pengetahuan dan wawasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan
pengelolaan, peran, tugas, dan fungsi dari tempat dimana ia ditempatkan.
2.
Kepada lembaga Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Kerinci agar tetap menjalin kerja sama yang baik dengan
semua instansi yang terkait dengan kegiatan PPL, khususnya dengan madrasah.
3.
Kepada MTsN
MODEL Sungai Penuh agar terus meningkatkan kualitas pengajaran dan
pembelajaran yang sudah cukup baik.Selain itu, diharapkan supaya pembelajaran
yang diberikan senantiasa bervariatif dan kreatif, sehingga kemampuan dan
perkembangan anak senantiasa terstimulasi. Mempersiapkan fasilitas sarana
prasarana yang mendukung tercapainya kegiatan belajar mengajar agar lebih
optimal.
No comments:
Post a Comment