RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VII D/Genap
Materi
Pokok : (القرائة)
بيتي
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
6.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan
teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan
masalah
|
|
6.2. Membaca dan memahami arti bacaan بيت عمي
|
6.2.1. Membaca dengan lancar dan jelas tentang بيت عمي
6.2.2.
Mengartikan bacaan بيت عمي
.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat membaca qiro’ah tentang بيت عمي
dengan jelas dan benar
2.
Peserta
didik dapat mengartikan dan memahami bacaan tentang بيت عمي
3.
Peserta
didik dapat menjawab soal latihan berdasarkan bacaaan بيت عمي
D.
Materi
pembelajaran
القرائة tentang بيت عمي hal. 104
بيت عمي
· إسمي رشاد. عندى عم, إسمه السيد توفيق. وهو أخو أبي الكبير. للسيد توفيق
بيت كبير وجميل. وهو في شارع كالمايا رقم 78 سامارندا. وفي البيت طابق سفلي و طابق
علوي. وهي منجا ووراء البيت حديقة واسعة.
· في الطابق العلوي شرفة و غرف النوم. وهذه الغرف لإسماعيل و يوسف و إبراهام.
و تلك غرفة النوم. هي لإسمعيل, ابن عمي الكبير. هي غرفة نظيفة و منظمة. فيها خزانة
و سروال و ملبس و سرير و وسادة. في الطابق السفلي غرف كثيرة أيضا. منها غرفة الجلوس و غرفة المكتب و غرفة المذاكرة و المطبخ
و المصلى و الحمام.
· في غرفة الجلوس منضدة واحدة و خمسة كراسي منظمة. و على المنضدة زهرية. و
على الزهرية أزهار جميلة مثل زهرة الوردة و اليسمين. وفوق المنضدة مصباح.
· وهذه غرفة المذاكرة. هي وراء غرفة الجلوس. هي ليوسف, ابن عمي الصغير. فيها
مرسمة و كتاب و مقلمة و قلم و مقلمة و مكتب و رف. وهذه غرفة الأكل وهي جانب
المطبخ. فيها مائدة كبيرة. وعلى المائدة كبيرة. وعلى المائدة رز و ملعقة و صحن و
شاي و قهوة.
· وهذه غرفة المكتب. هي لعمى. هي تاجر ناجح معروف في المائدة. في غرفة المكتب
تلفون و فكي و تقويم و صورة و ساعة. التلفون و الفكس على مكتبه. و التقويم و
الصورة و الساعة على الحائط. جانب المطبخ حمام و مصلى. في الحمام بركة و مرحاض و
ماء و مغرفة و صابون.
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
tata bahasa dan terjemah
2.
Metode
guru diam
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Spidol,
absensi
Sumber : Buku
paket kelas VII MTs, kamus
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyuruh siswa untuk mengumpulkan tugas rumah yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati qiro’ah tentang بيت عمي
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap بيت عمي
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok بيتي
4)
Guru
memberi penguatan terhadap peserta didik
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan
2)
peserta
didik menyampaikan pertanyaan, salah satu seorang mencatatnya
3)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan
4)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan
2)
pesert
didik diberi waktu membaca dan menelaah wawasan guru
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah (berupa hafalan mufradat) untuk siswa
H.
Penilaian
1. عنوان بيت عمي شارع ...
أ. سامارندا ب. كالمايا ج.
منجا د. كبير
2. أمام بيت عمي...
أ. شجرة كبيرة ب. طابق سفلي ج.
طابق علوي د. حديقة واسعة
3. في غرفة النوم ....
أ. غرفة البوم ب. مقلمة ج. قلم د.
مكتب
4. في الطابق العلوي ...
أ. غرفة النوم ب. غرفة الجلوس ج.
المطبخ د. المصلى
5. التقويم والصورة والساعة على ...
أ. المائدة ب. الحائط ج.
المنضدة د. الخزانة
6. في الحمام ...
أ. تلفون و فاكس ب. بركة و مرحاض ج. صورة و
ساعة د. شاي و قهوة
7. غرفة المذاكرة ل...
أ. توفيق ب. إسمعيل ج.
يوسف د. إبرهيم
8. غرفة الأكل جانب ...
أ. المطبخ ب. غرفة الجلوس ج.
غرفة المكتب د. حمام
9. الشاي والقهوة في ...
أ. غرفة الأكل ب. غرفة الجلوس ج.
غرفة المكتب د. مصلى
10.
فوق
المنضدة ....
أ. كراسي ب. زهرة ج.
زهرية د. مصباخ
Sungai Penuh, 02 Maret
2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VII D/Genap
Materi
Pokok :من يوميات الأسرة (المفردات)
Alokasi
Waktu : 3 x 40 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
6.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan
teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan
masalah
|
|
6.2. Melafalkan dan membaca mufradat tentang “من يوميات الأسرة”, membedakan
mufradat yang terbagi kedalam ruang-ruang, menghafal mufradat tentang “من يوميات الأسرة”
|
6.2.1. Mengucapkan mufradat tentang “من
يوميات الأسرة”
6.2.2. Menghafal mufradat tentang “من
يوميات الأسرة”
6.2.3.
Dapat menggunakan mufradat dalam kegiatan sehari-hari
6.2.4.
Dapat menggunakan mufradat kedalam kalimat sederhana.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat melafalkan dengan jelas mufradat tentang “من
يوميات الأسرة”
2.
Peserta
didik dapat melafalkan mufradat tentang “من يوميات
الأسرة”
3.
Peserta
didik dapat mengaplikasikan mufradat kedalam bentuk kalimat sederhana
D.
Materi
pembelajaran
من يوميات الأسرة
أ.
المفردات
-
أدرس الفقه -
الحكم يصفر -
أغسل الملابس
-
أجلس على الكرسي -
آكل الخبز -
أساعد أمى
-
أكتب الدرس -
أشرب اللبن -
أسكن في بيت
-
أقرأ الجريدة - أطبخ الرز - أعمل في المطبخ
ب. Perubahan kata
الرقم
|
الضمائر
|
المعنى
|
|||||
أنا
|
أنتَ
|
أنتِ
|
هو
|
هي
|
نحن
|
||
1
|
أعمل
|
تعمل
|
تعملين
|
يعمل
|
تعمل
|
نعمل
|
Bekerja
|
2
|
أكتب
|
تكتب
|
تكتبين
|
يكتب
|
تكتب
|
نكتب
|
Menulis
|
3
|
أقرأ
|
تقرأ
|
تقرئين
|
يكتب
|
تكتب
|
نكتب
|
Membaca
|
4
|
آكل
|
تأكل
|
تأكلين
|
يأكل
|
تأكل
|
نأكل
|
Makan
|
5
|
أشرب
|
تشرب
|
تشربين
|
يشرب
|
تشرب
|
نشرب
|
Minum
|
6
|
أجلس
|
تجلس
|
تجلسين
|
يجلس
|
تجلس
|
نجلس
|
Duduk
|
7
|
أدرس
|
تدرس
|
تدرسين
|
يدرس
|
تدرس
|
ندرس
|
Belajar
|
8
|
أعد
|
تعد
|
تعدين
|
يعد
|
تعد
|
نعد
|
Menyiapkan
|
9
|
أساعد
|
تساعد
|
تساعدين
|
يساعد
|
تساعد
|
نساعد
|
Membantu
|
10
|
أطبخ
|
تطبخ
|
تطبخين
|
يطبخ
|
تطبخ
|
نطبخ
|
Memasak
|
11
|
أسكن
|
تسكن
|
تسكنين
|
يسكن
|
تسكن
|
نسكن
|
Tinggal
|
12
|
أغسل
|
تغسل
|
تغسلين
|
يغسل
|
تغسل
|
نغسل
|
Mencuci
|
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
langsung
2.
Metode
ceramah
3.
Metode demonstrasi
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat :Spidol,
absensi
Sumber : Buku
paket kelas VII MTs, kamus
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati المفردات tentang من يوميات
الأسرة
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap من يوميات
الأسرة
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok من يوميات الأسرة
4)
Guru
memberi penguatan terhadap peserta didik
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan المفردات
2)
peserta
didik menyampaikan pertanyaan, salah satu seorang mencatatnya
3)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan المفردات
4)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik
c.
Eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan
المفردات
2)
pesert
didik diberi waktu membaca dan menelaah wawasan guru
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Guru
memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah (berupa hafalan mufradat) untuk siswa
H.
Penilaian
Penilaian hasil tertulis
1. أنت (تساعد – تكتب – تسكن) الدرس في غرفة المذاكرة
2. أمين (يطبخ-
سيكن- يدرس) الطعام في المطبخ
3. أنا (أعمل-
أكتب- آكل) في المدينة
4. أنت (تعد-
تشرب-تعمل) المشربات لصديقك
5. محمود
(يكتب-يقرأ- يأكل) الرز في فرفة الأكل
6. نجمة (تطبخ-
تسكن- تجلس) في القرية البعيدة
7. فاطمة (تشرب-
تأكل- تقرأ) القهوة في غرفة الجلوس
8. أنت (تقرئين-
تطبخين-تغسلين) المجلة في غرفة الجلوس
9. نحن (نعد-
نجلس –نسكن) على الكرسي مع أصدقائنا
10. أنا (أساعد –
أدرس – أطبخ) الحديث في الفصل
11. أنت (تدرسين –
تساعدين – تعدين) أمي في غرفة الأكل
12. نحن (نطبخ –
نشرب – نغسل) ملابسنا
Sungai
Penuh, 09 Maret 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN
NIP. 19691123 200501 1 006
No comments:
Post a Comment