RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII B/Genap
Materi
Pokok : Mufrodat Tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Menjelaskan
pengertian اللاعبُون الريَاضِيُون
3.
Menjelaskan
macam-macam اللاعبُون الريَاضِيُون
4.
Menyebutkan
Mufrodat tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
|
·
Melafalkan
mufrodat tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
·
Menyebutkan
macam-macam اللاعبُون الريَاضِيُون
·
Menyebutkan
bebtuk-bentuk pekerjaan اللاعبُون الريَاضِيُون
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan
mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan kelompok, siswa
dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan mufrodat tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
D.
Materi
pembelajaran
MUFRODAT tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون. (Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VIII) hal. 50
المفردات وَالعبرات
مُباراة - مباراة كرة القدم - لاعب - فريق - النادي - بين الناديين -
المرمى - الهدف - شوط - شوط الاول - شوط الثاني - نتيجة المباراة - النتيجة واحد /
اثنين
انتهى الشوط الاول - بدأ الشوط الثاني
اللاعب يجري سريعا - يمرر الكرة - يقترب من المرمى - يضرب الكرة بقوة -
يلعب بالكرة - يسدد الكرة في المرمى - سجل اللاعب الهدف - وقع على الارض - الحكم
يصفر
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
tanya jawab
2.
Medode
Langsung
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Media : TTS Bahasa Arab
Alat : Spidol, absensi,
Sumber : Buku paket kelas VIII MTs,
kamus
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan olahraga yang mereka ketahui.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati Mufrodat tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap اللاعبُون
الريَاضِيُون
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
memberi penguatan terhadap peserta didik
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan topik.
2)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan اللاعبُون
الريَاضِيُون
3)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan اللاعبُون
الريَاضِيُون
2)
pesert
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab
soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah (berupa hafalan mufradat) untuk siswa.
H.
Penilaian
TUGAS KELOMPOK:
NAMA :
LOKAL :
سُفْلِيُّ
|
اُفُقِيُّ
|
١ نَتِيْجَةٌ
٣ شَوْطٌ
٤ وَقَعَ
٥ اَللّاَعِب
٦ سُرعَة
٧ قُوَّة
٨ جَرَى - يَجْرِيْ
٩ سَدَّدَ - يُسَدِّدُ
١١ لَعِبَ - يلْعَبُ
١٤ قَدَم
|
٢ اللَّاعِبُوْنَ
الرِّيَاضِيُّوْنَ
٥ عَلى
٩ اِقْتَرَبَ - يَقْتَرِبُ
١٠ اَلْاَرْضُ
١٢ فَرِيْق
١٣ مُحَكَّم
١٥ كُرَة
١٦ الْمَرْمَى
١٧ مُبَارَاة
١٨ ضرب - يَضْرِبُ
|
JAWABAN TTS
TUGAS PRIBADI
اللاعبُون
الريَاضِيُون
إمْلأ الفرَاغ بالكلمة المناسبة !
١ - أنظر
... اللاعب سريعا
( يضرب
- يجري - يصفر )
٢ - ... اللاعب
الهدف !
( وقع
- سجل - قترب )
٣ - أحب
ان أشاهد ... كرة القدم
( مباراة - أخبار - نتيجة
)
٤ - انتهى
... الثاني، والنتيجة ثلاثة - واحدة
( الهدف
- النادي - الشوط )
٥ - انظر،
... رقم ٩ ماهر جدا، هو يلعب بالكرة بسرعة
( بائع
- حكم - لاعب )
٦ - انظر،
الكرة قريب من ...
( المرمى - الهدف - الأرض
)
Sungai
Penuh, 04 Februari 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII B/Genap
Materi
Pokok : Al-Hiwar dan
At-Tarkib Tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang
AL-MIHNAH.
5.
Melakukan
dialog sederhana.
6.
Mengenal
kaidah HARFUN NAWASHIB
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik dialog tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
3.
Memahami
percakapan dengan baik.
4.
Melakukan
dialog sederhana.
5.
Menyebutkan
Mufrodat.
6.
Mengenal
kaidah HARFUN NAWASHIB
|
·
Siswa dapat
memahami percakapan tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
·
Siswa dapat
melafalkan dengan baik dan benar.
·
Siswa dapat
melakukan dialog serta memahaminya.
·
Siswa dapat
mengenal kaidah HARFUN NAWASHIB.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan mufrodat yang terdapat dalam dialog.
3.
Peserta
didik dapat melakukan dialog serta memahaminya.
4.
Siswa
dapat mengenal kaidah HARFUN NAWASHIB.
5.
Dapat
memberi baris suatu teks sesuai dengan kaidah HARFUN NAWASHIB.
D.
Materi
pembelajaran
هل كنت اللاعب؟
لا، ولكن احب عن
الريَاضة
هل تشاهد التلفزيون؟
لا، لن اشاهد
التلفزيون
هل تحب ان تسمع الى
الراديون؟
نعم
لماذا تسمع الى
الراديون؟
لاعرف الخبار
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Langsung
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Al-Quran,
Spidol, absensi,
Sumber : Buku
paket kelas VIII MTs, kamus, LKS
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan macam-macam olahraga
yang mereka ketahui.
·
Siswa
mengumpulkan tugas.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati AL-HIWAR & AT-TARKIB tentang AL-LAA’IBU AR-RIYADIYUUN
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-HIWAR & AT-TARKIB AL-LAA’IBU AR-RIYADIYUUN
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan/memperagakan dialog.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
Guru
memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang
berkenaan dengan topik.
2)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan AL-LAA’IBU AR-RIYADIYUUN
3)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
4)
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok.
5)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
melakukan diolog.
6)
Siswa
mencari contoh HARFUN NAWASHIB dalam AL-QUR’AN.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H.
Penilaian
1.
AL-HIWAR
تدريب
١ تذهب الى الملعب / اشاهد المباراة
٢ تجلس الى الى المائدة / اتناول
الفطور
٣ تجري بسرعة / اسجل الهدف
٤ تتعلم اللغة العربية / افهم
القران
Jawaban:
١ لماذا تذهب الى الملعب / لاشاهد
المباراة
٢ لماذا تجلس الى الى المائدة / لاتناول
الفطور
٣ لماذا تجري بسرعة / لاسجل الهدف
٤لماذا تتعلم اللغة العربية / لافهم
القران
2. AT-TARKIB
تدريب
١لماذا تتعلمين اللغة العربية / لافهم القران
٢ لماذا تقرَا هذا الكتاب / لاعرف اركان الوضوء
٣لماذا تذهب الى المكتبة / لاقرأ بعض الكتب
٤ لماذا تركبين السيارة / لأصل الى المدرسة فى المعاد
٥لماذ تقترب من السيارة / لاكتب بعض الكلمات
Sungai Penuh, 03
Februari 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : MTs Negeri Model
Sungai Penuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester
: VIII B/Genap
Materi
Pokok : Al-Qiro’ah tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
Alokasi
Waktu : 3 x 45 Menit (satu kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu wacana lisan tentang اللاعبُون
الريَاضِيُون
5.
Membaca
sesuai makhraj huruf.
6.
Memahami
teks.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
dasar
|
Indikator
|
1.
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif dan tidak menyerah dalam memacahkan masalah
|
|
2.
Melafalkan
dengan baik teks tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
3.
Memahami teks
dengan baik.
4.
Membaca
dengan fasih dan benar.
|
·
Siswa dapat melafalkan
teks dengan baik dan benar.
·
Siswa
dapat Mengartikan secara sederhana
teks tentang اللاعبُون الريَاضِيُون
·
Siswa dapat
Menghafal kosa kata yang baru didengar yang terdapat dalam teks.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Mensyukuri
karunia Allah atas ni’mat yang diberikan.
2.
Peserta
didik dapat menyebutkan dan menterjemahkan mufrodat yang terdapat dalam teks.
3.
Peserta
didik dapat membaca teks dengan baik dan benar.
4.
Siswa
dapat memahami teks.
5.
Dapat
menjawab soal sesuia teks.
D.
Materi
pembelajaran
القرءة
مبارة
كرة القدم
)ا(
اريد ان اذهب الى
ملعب المدينة، لاشاهدَ مباراة كرة القدم بين النادي (جاكرت) والنادي (ماكاسر).
ويذهب معي صديقي إلياس. لن نذهبَ إلي الملعب باالسيارة. نذهب مشيا على الاقدام لان
الملعب قريب من البيت، وهو في شارع سودرمان رقم ٠٢ نذهب الى الملعب بسرعة، لنصلَ
إليه في الموعد.
)ب(
نحن الان في الملعب.
نشاهد فيه جمهورا كبيرا جدا لان المباراة بين الناديين الكبيرين. بدأ شوط الاول.
نشاهد لاعب رقم ٧ من فريق (جاكرتا) وهو
يلعب بالكرة ويجري بسرعة، ثم يمرر الكرة لزميلة رقم ٩ الذي يقترب من المرمى بسرعة،
ويسدد الكرة بقوة، ويسجل الهدف، ويصفر الحكم لانتهاء الشوط الاول.
)ج(
وبدأ شوط الثاني.
نشاهد لاعب رقم ٠١ من فريق (ماكاسار(
وهو يلعب بالكرة
ويجري سريعا. ونشاهد ذالك اللاعب يقترب من المرمى بسرعة، ويضرب الكرة بقوة، ويسجل
الهدف. وبعد دقائق قليلة يصفر حكم المبارة لانتهاء المباراة بنتيجة التعادل.
E.
Metode
pembelajaran
1.
Metode
Demonstrasi
2.
Medode
Tarjamah
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
Alat : Spidol,
absensi.
Sumber : Buku
paket kelas VIII MTs, kamus, LKS
G.
Langkah-langkah
pembelajaran
1.
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
·
Guru
mengecek kehadiran
siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru
meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan apa-apa yang mereka dapatkan
dalam pembelajaran sebelumnya.
·
Siswa
mengumpulkan tugas pertemuan sebelumnya.
·
Guru
menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
1)
Peserta
didik mengamati QIRO’AH tentang MUBAROTU KUROTU ALQODAMU
2)
Peserta
didik mengemukakan pengamatan terhadap teks tentang AL-QIRO’AH.
3)
Guru
mengarahkan pengamatan peserta didik kepada materi pokok
4)
Guru
membacakan teks.
5)
Siswa
diminta mengikuti.
b.
Menanya
1)
guru
mengarahkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan MUBAROTU KUROTU ALQODAMU
2)
guru
memberi apresiasi atas pertanyaan-pertanyaan peserta didik.
3)
Menterjemah
teks dengan bantuan guru.
c.
eksplorasi
1)
guru memotivasi peserta didik untuk mengungkapkan
pertanyaan-pertanyaan yang berkenaan dengan topik.
2)
peserta
didik diberi waktu membaca dan menelaah.
3)
guru
meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang disampaikan oleh guru
4)
jika
ada pertanyaan yang tidak dapat diselesaikan guru dapat memberikan arahan
singkat dan sumber bacaan yang dapat menyelesaikan masalah
5)
siswa
membaca teks
6)
Siswa
mencari kosa kata yang sulit atau yang baru mereka dengar.
d.
komunikasi
1)
sebelum
mengakhiri pelajaran setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan
menjawab soal yang ada
2)
guru
meminta sebagian peserta didik untuk menyampaikan hasil refleksi, diusahakan
yang menyampaikannya yang tidak terbiasa menyampaikan pendapat atau komentarnya
3)
guru
menghargai setiap hasil refleksi peserta didik dan tidak perlu mengomentari
untuk membenarkan atau menyalahkan, cukup dengan kata “bagus” atau “hebat” agar
memotivasi peserta didik.
3.
Penutup
·
Guru
menyimpulkan pelajaran
·
Mengadakan
penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil pembelajaran sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
·
Guru
memberikan penjelasan dan memberikan penulusuran konsep jika ada yang kurang
tepat
·
Memberikan
tugas rumah untuk siswa.
H. Penilaian
تدريب
ملعب
- الموعيد - هدف - مباراة - النتيجة - الحكم
١- نشاهد ... كرة القدم بين الناديين
الكبرين
٢- و ... الاخيرة في هذه المباراة
واحد - ثلاثة
٣- لن نرجع من المدرسة قبل ...
٤- يقترب ... ليتكلم مع هذا اللاعب
لحظة
٥- وفي صباح عيد الفطر يصلي المسلمون
في ... المدينة
مباراة
Jawaban:
١ مباراة
٢ النتيجة
٣ الموعيد
٤ الحكم
٥ ملعب
Sungai Penuh, 18
Februari 2016
Guru Pamong Mahasiswa
EKA
DEWI ZONA, S.Ag ANGGA
HARDIANTO
NIP.
19761215 200710 2 001 NIM.
07.224.12
Mengetahui
An. Kepala madrasah
Waka akademik
MUJAHIDIN,S.Pd.I
NIP. 19691123 200501 1 006
No comments:
Post a Comment