MATERI PENGAJARAN BAHASA ARAB
DI MADRASAH
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
PENGEMBANGAN KURIKULUM
.
Di Susun Oleh: KELOMPOK III
ANGGA HARDIANTO
HANI WULANDARI
IRFAN EFENDI
MAT PADIL
RONAZUL PITA
Dosen Pengampu:
Nur Asyiah, S.Ag, M.Pd.
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KERINCI
JURUSAN
TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
ARAB (PBA) 5
TAHUN
AKADEMIK 2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT, yang Maha Kuasa karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya
penulis dapat menyelesaikan makalah yang singkat ini, sebagai tugas pada mata
kuliah “Pengenbangan Kurikulum”. Shalawat
dan salam kita sampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, Nabi yang
membawa pelita kepada umat yang berada dalam kegelapan rahmatan lil ‘alamin.
Kemudian penulis banyak mengucapkan ribuan
terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing kami sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah yang singkat ini, yang mungkin masih banyak
kekurangan serta kesalahan baik dari segi penulisannya maupun kesalahan lainnya
yang terdapat dalam makalah, untuk itu penulis sangat membutuhkan sekali kritik
serta saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang akan datang, akhir kata
penulis ucapkan terima kasih.
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………
i
Daftar Isi
……………………………………………………………..………………….…... ii
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
masalah………………………………………………………….......1
B.
Rumusan Masalah
…………………………………………………………………... 1
BAB II
PEMBAHASAN
Materi Pengajaran
Bahasa Arab Di Madrasah
A.
Ibtidaiyah ………………………………………………………………………….. 2
B.
Tsanawiyah ……………………………………………………………………….. 3
C.
Aliyah
……………………….……………………………………………………….. 4
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
………………………………………………………………………… 6
B.
Kritik dan Saran
……………………………………………………………………. 6
Daftar
Pustaka ……………………………………………………………………………… 7
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Didalam suatu sekolah terdapat unsure-unsur yang berperan
didalamnya. Seperti kepala sekolah, guru, pegawai, siswa dan lain-lain. Didalam
suatu pembelajaran bukan hanya siswa yang di tuntut untuk memepelajarai suatu
pembelajaran tetapi semua unsure yang terkandung di dalamnya khususnya guru.
Karena guru lah yang akan memberikan pengajaran kepada peserta didik.
Maka guru haruslah mengetahui dan
memahami terlebih dahulu apa yang akan di berikannya kepada peserta didik.
Sehingga dapat tercapainya tujuan suatu pembelajaran ataupun tujuan kurikulum.
Untuk mencapai semua itu, guru harus mengetahui materi pengajaran sesuai dengan
tingkatan sekolah ataupun madrasah yang tempat ia mengajar.
Oleh karena itu, pemakalah dalam hal ini
akan membahas tentang materi pengajaran bahasa arab di madrasah yang meliputi
ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah. Agar dapat member pemahaman dan dapat di
praktekkan oleh pembaca dan oleh guru khususnya
terhadap peserta didiknya.
B. Rumusan masalah
1. Apa
saja materi pengajaran di madrasah ibtidaitah?
2. Apa
saja materi pengajaran di madrasah tsanawiyah?
3. Apa
saja materi pengajaran di madrasah aliyah?
4. Apakah
ada perbedaan yang signifikan antara materi pengajaran di madrasah ibtidaiyah,
tsanawiyah dan aliyah?
BAB II
PEMBAHASAN
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR
(KD)
A. MADRASAH IBTIDAIYAH
1.
Kelas I
·
Kelas I Semester
Ganjil
(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)
|
·
Kelas I Semester Genap
(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)
|
2.
Kelas II
|
·
Kelas II Semester Ganjil
أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى
المدرسة
|
·
Kelas II Semester Genap
آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛ الأدوات في البيت
|
3. kelas III
·
Kelas III Semester Ganjil
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض
|
·
Kelas III Semester Genap
أعضاء الأسرة حالة الحديقة؛ مناظر العالم؛ أسماء الحيوانات
|
4.
Kelas IV
|
·
Kelas IV Semester Ganjil
التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة
|
·
Kelas IV Semester Genap
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
|
5.
Kelas V
·
Kelas V Semester Ganjil
غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان
|
· Kelas V Semester Genap
في
الفصل؛
في
مكتبة
المدرسة؛
في
مكتبة
الأدوات
الكتابية؛
في
المقصف
|
6.
Kelas VI
· Kelas VI Semester Ganjil
أعمالنا
في
المدرسة
وفي
البيت؛ كم الساعة وفي أي
ساعة؛
تعلم
اللغة
العربية
|
· Kelas VI Semester Genap
الواجب المنزلي؛ النزهة
|
B. MADRASAH TSANAWIYAH
1.
Kelas VII
·
Kelas VII
Semester Ganjil
التعريف بالنفس و بالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية" ؛الألوان؛
|
·
Kelas: VII
Semester Genap
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
|
2.
Kelas VIII
·
Kelas: VIII Semester Ganjil
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا
في البيت
|
·
Kelas: VIII Semester Genap
المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنةالطبية؛ عيادة المرضى
|
3.
Kelas IX
·
Kelas : IX
Semester Ganjil
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان
|
·
Kelas : IX
Semester Genap
جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة
|
C. MADRASAH ALIYAH
PEMINATAN IPA,IPS,BAHASA DAN MADRASAH
ALIYAH KEJURUAN
1. kelas X
·
Kelas X Semester Ganjil
البيانات
الشخصية؛ المرافق العامة فى
المدرسة؛ الحياة فى
الأسرة وفى سكن الطلاب
|
·
Kelas X Semester Genap
هوايات
الطلاب والمعرض؛
المهنة والحياة؛ المهنة والنظام؛الحياة فى
الأسرة وفى سكن الطلاب
|
2. kelas XI
·
Kelas XI Semester Ganjil
آمال المراهقين والصحة؛ الرعاية الصحية؛ النظافة في الإسلام
|
·
Kelas XI Semester Genap
التسهيلات
العامة والاجتماعية؛ التسهيلات لعبادة الله؛ معالم السياحة الثقافية والطبيعية
|
3. Kelas XII
·
Kelas XII Semester
Ganjil
الحضارة
الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)
|
·
Kelas XII Semester
Genap
الأعياد في الإسلام؛ إبراهيم والبحث عن الخالق
|
PEMINATAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN
1. Kelas X
·
Kelas X Semester
Ganjil
في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق
|
·
Kelas X Semester Genap
قضاء أوقات الفراغ؛ الطعام والعمل؛ واجباتنا المنـزلية والاجتماعية
|
2.
Kelas XI
·
Kelas XI Semester Ganjil
المدرسة الإسلامية ومراحلها التعليمية؛ المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل
|
|
·
Kelas XI Semester Genap
الإيمان والعمل في الحياة؛ من أخلاق الرسول؛ نزول القرآن والدعوة إليه
|
3.
Kelas XII
·
Kelas XII Semester Ganjil
الآيات
القرآنية؛ وما
تيسر من الأحاديث النبوية؛ وكلام العرب شعرا أونثرا
|
·
Kelas XII Semester Genap
الآيات
القرآنية؛ وما
تيسر من الأحاديث النبوية؛ وكلام العرب شعرا أونثرا
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam menetapkan urutan materi mesti
mempertimbangkan fase-fase perkembangan peserta didik, perbedaan individual,
dan perlu disiapkan materi yang berorientasi pada pendidikan spritual,
emosional, disamping intelektual. Tetapi kenyataannya, masih banyak materi yang
diajarkan tidak sesuai dengan materi yang diharapkan. Dimana, kebanyakan guru
mengajarkan materi tidak melihat kemampuan peserta didik dan tidak urut sesuai
dengan silabus pembelajaran bahasa arab.
Materi bahasa arab di Madrasah
Ibtidaiyah menurut penulis belum ideal karena banyak materi yang diajarkan
berawal dari mudah- sukar- sedang- sukar- mudah yang menyulikan peserta didik
dalam menerima materi yang diajarkan, sedangkan idealnya materi itu berawal
dari mudah- sedang- lalu sukar agar memudahkan peserta didik dalam menerima
pelajaran.
Pada pembelajaran bahasa arab di
Madrasah Ibtidaiyah idealnya menggunakan nadzariyatul wahdah (all in one
system) yang mana bahasa arab diajarkan dari berbagai aspek kemahiran tanpa
memisah- misahkan bahasa tersebut, karena nadzariyatul furu cocoknya diterapkan
pada lembaga seperti pondok pesantren yang mana bahasa arab diajarkan secara
terpisah, nahwu sendiri, shorof, balaghoh, dll
B. Kritik Dan Saran
Makalah ini mencoba mengajak pembaca
kearah pemahaman tentang bahan ajar yang akan di sampaikan oleh guru kepada
pesera didik dengan tujuan guru dapat mengerti dan dapat menyampaikan materi
dengan baik.
Dan perbedaan materi yang di setiap
tingkatan, agar guru tidak salah dalam memeberikan materi dan sesuai dengan
tingkatan nserta tingkatan kecerdasan siswa.
Oleh karena itu, penulis sangat
membutuhkan kritik dan saran dari pembaca agar penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan
yang terdapat di dalam karya ilmiah ini untuk makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
-
Lampiran Surat Keputusan menteri Agama RI, Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Arab 2013
[1]
Lampiran Surat
Keputusan menteri Agama RI, Kurikulum
Mata Pelajaran Bahasa Arab 2013, hal. 24-53
No comments:
Post a Comment