Thursday, December 25, 2014

Makalah Pengembangan Kurikulum Kelompok 3 : MATERI PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH





MATERI PENGAJARAN BAHASA ARAB
DI MADRASAH
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
PENGEMBANGAN KURIKULUM
.
Di Susun Oleh: KELOMPOK III
ANGGA HARDIANTO
HANI WULANDARI
IRFAN EFENDI
MAT PADIL
RONAZUL PITA

Dosen Pengampu:
Nur Asyiah, S.Ag, M.Pd.

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KERINCI
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB (PBA) 5
TAHUN AKADEMIK 2014


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang Maha Kuasa karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang singkat ini, sebagai tugas pada mata kuliah “Pengenbangan Kurikulum”.  Shalawat  dan salam kita sampaikan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, Nabi yang membawa pelita kepada umat yang berada dalam kegelapan rahmatan lil ‘alamin.
 Kemudian penulis banyak mengucapkan ribuan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang singkat ini, yang mungkin masih banyak kekurangan serta kesalahan baik dari segi penulisannya maupun kesalahan lainnya yang terdapat dalam makalah, untuk itu penulis sangat membutuhkan sekali kritik serta saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang akan datang, akhir kata penulis ucapkan terima kasih.



        
Penulis   







DAFTAR ISI

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………… i
Daftar Isi ……………………………………………………………..………………….…... ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang masalah………………………………………………………….......1
B.     Rumusan Masalah …………………………………………………………………... 1
BAB II
PEMBAHASAN
Materi Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah
A.    Ibtidaiyah  ………………………………………………………………………….. 2
B.     Tsanawiyah   ……………………………………………………………………….. 3
C.     Aliyah ……………………….……………………………………………………….. 4
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan ………………………………………………………………………… 6
B.     Kritik dan Saran ……………………………………………………………………. 6

Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………… 7







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Didalam suatu sekolah  terdapat unsure-unsur yang berperan didalamnya. Seperti kepala sekolah, guru, pegawai, siswa dan lain-lain. Didalam suatu pembelajaran bukan hanya siswa yang di tuntut untuk memepelajarai suatu pembelajaran tetapi semua unsure yang terkandung di dalamnya khususnya guru. Karena guru lah yang akan memberikan pengajaran kepada peserta didik.
Maka guru haruslah mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa yang akan di berikannya kepada peserta didik. Sehingga dapat tercapainya tujuan suatu pembelajaran ataupun tujuan kurikulum. Untuk mencapai semua itu, guru harus mengetahui materi pengajaran sesuai dengan tingkatan sekolah ataupun madrasah yang tempat ia mengajar.
Oleh karena itu, pemakalah dalam hal ini akan membahas tentang materi pengajaran bahasa arab di madrasah yang meliputi ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah. Agar dapat member pemahaman dan dapat di praktekkan oleh pembaca dan  oleh guru khususnya terhadap peserta didiknya.

B.     Rumusan masalah
1.      Apa saja materi pengajaran di madrasah ibtidaitah?
2.      Apa saja materi pengajaran di madrasah tsanawiyah?
3.      Apa saja materi pengajaran di madrasah aliyah?
4.      Apakah ada perbedaan yang signifikan antara materi pengajaran di madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah?









BAB II
PEMBAHASAN

KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

A.    MADRASAH IBTIDAIYAH
1.      Kelas I
·         Kelas I Semester Ganjil


(عمَل الكَشْف؛ التعارف؛ الأدوات الكتابية؛ الأدوات المدرسية)

·         Kelas I Semester Genap

(العدد1 - 10؛ أسماءالأيام؛ بعض أسماءالفواكه؛ بعض الألوان)

2.      Kelas II
·         Kelas II Semester Ganjil
  أفراد المدرسة؛ الزي المدرسيّ؛ المشروبات والمأكولات في المقصف؛ مصلى المدرسة

·         Kelas II Semester Genap

آلات المواصلات؛ إشارة المرور؛ الأدوات في البيت

3.       kelas III
·         Kelas III Semester Ganjil
أسماء الدرس؛ أعضاء الوضوء؛ الصلوات الخمس؛ أسماء الأمراض  

·         Kelas III Semester Genap

أعضاء الأسرة  حالة الحديقة؛ مناظر العالم؛ أسماء الحيوانات

4.      Kelas IV
·         Kelas IV Semester Ganjil

التعريف بالنفس؛ الأدوات المدرسية؛ أصحاب المهنة


·         Kelas IV Semester Genap
العنوان؛ أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
5.      Kelas V

·         Kelas V Semester Ganjil
غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان



·   Kelas V Semester Genap
في الفصل؛ في مكتبة المدرسة؛ في مكتبة الأدوات الكتابية؛ في المقصف

6.      Kelas VI

·   Kelas VI Semester Ganjil
أعمالنا في المدرسة وفي البيت؛ كم الساعة وفي أي ساعة؛ تعلم اللغة العربية

·   Kelas VI Semester Genap

الواجب المنزلي؛ النزهة


B.     MADRASAH TSANAWIYAH
1.      Kelas VII

·         Kelas VII Semester Ganjil
        
التعريف بالنفس و بالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية" ؛الألوان؛

·         Kelas: VII Semester Genap

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة


2.      Kelas VIII

·         Kelas: VIII Semester Ganjil
الساعة؛ يومياتنا في المدرسة؛ يومياتنا في البيت


·         Kelas: VIII Semester Genap

المهنة والمهنيون الرياضيون؛ المهنةالطبية؛ عيادة المرضى


3.      Kelas IX

·         Kelas : IX Semester Ganjil
رأس السنة الهجرية؛ الحفل بمولد الرسول؛ نزول القرآن والعيدان


·         Kelas : IX Semester Genap

جمال الطبيعة؛ خالق العالم؛ الحفاظ على البيئة




C.    MADRASAH ALIYAH
PEMINATAN IPA,IPS,BAHASA DAN MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

1. kelas X
·         Kelas X Semester Ganjil

البيانات الشخصية؛ المرافق العامة فى المدرسة؛ الحياة فى الأسرة وفى سكن الطلاب
     

·         Kelas X Semester Genap
هوايات الطلاب والمعرض؛ المهنة والحياة؛ المهنة والنظام؛الحياة فى الأسرة وفى سكن الطلاب


2. kelas XI
·         Kelas XI Semester Ganjil
آمال المراهقين والصحة؛ الرعاية الصحية؛ النظافة في الإسلام


·         Kelas XI Semester Genap
التسهيلات العامة والاجتماعية؛ التسهيلات لعبادة الله؛ معالم السياحة الثقافية والطبيعية



3.      Kelas XII


·         Kelas XII Semester  Ganjil

الحضارة الإسلامية؛ الرحلات والثقافة الإسلامية؛ من رجال الإسلام (البخاري وابن سينا وعمر بن الخطاب)


·         Kelas XII Semester  Genap

الأعياد في الإسلام؛ إبراهيم والبحث عن الخالق




PEMINATAN  ILMU-ILMU KEAGAMAAN
1.      Kelas X

·         Kelas X Semester Ganjil

في الصف والمكتبة؛ زيارة عائلية؛ في الطريق



·         Kelas X Semester Genap
قضاء أوقات الفراغ؛ الطعام والعمل؛ واجباتنا المنـزلية والاجتماعية


2.      Kelas XI

·         Kelas XI Semester Ganjil
المدرسة الإسلامية ومراحلها التعليمية؛ المساجد في العصور الأولى؛ القلب والعمل




·         Kelas XI Semester Genap
الإيمان والعمل في الحياة؛ من أخلاق الرسول؛ نزول القرآن والدعوة إليه



3.      Kelas XII

·         Kelas XII Semester Ganjil
الآيات القرآنية؛ وما تيسر من الأحاديث النبوية؛ وكلام العرب شعرا أونثرا


·         Kelas XII Semester Genap
الآيات القرآنية؛ وما تيسر من الأحاديث النبوية؛ وكلام العرب شعرا أونثرا







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam menetapkan urutan materi mesti mempertimbangkan fase-fase perkembangan peserta didik, perbedaan individual, dan perlu disiapkan materi yang berorientasi pada pendidikan spritual, emosional, disamping intelektual. Tetapi kenyataannya, masih banyak materi yang diajarkan tidak sesuai dengan materi yang diharapkan. Dimana, kebanyakan guru mengajarkan materi tidak melihat kemampuan peserta didik dan tidak urut sesuai dengan silabus pembelajaran bahasa arab.
Materi bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah menurut penulis belum ideal karena banyak materi yang diajarkan berawal dari mudah- sukar- sedang- sukar- mudah yang menyulikan peserta didik dalam menerima materi yang diajarkan, sedangkan idealnya materi itu berawal dari mudah- sedang- lalu sukar agar memudahkan peserta didik dalam menerima pelajaran.
Pada pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah idealnya menggunakan nadzariyatul wahdah (all in one system) yang mana bahasa arab diajarkan dari berbagai aspek kemahiran tanpa memisah- misahkan bahasa tersebut, karena nadzariyatul furu cocoknya diterapkan pada lembaga seperti pondok pesantren yang mana bahasa arab diajarkan secara terpisah, nahwu sendiri, shorof, balaghoh, dll

B.     Kritik Dan Saran
Makalah ini mencoba mengajak pembaca kearah pemahaman tentang bahan ajar yang akan di sampaikan oleh guru kepada pesera didik dengan tujuan guru dapat mengerti dan dapat menyampaikan materi dengan baik.
Dan perbedaan materi yang di setiap tingkatan, agar guru tidak salah dalam memeberikan materi dan sesuai dengan tingkatan nserta tingkatan kecerdasan siswa.
Oleh karena itu, penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca agar penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terdapat di dalam karya ilmiah ini untuk makalah selanjutnya.




DAFTAR PUSTAKA
-          Lampiran Surat Keputusan menteri Agama RI, Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Arab 2013








[1] Lampiran Surat Keputusan menteri Agama RI, Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Arab 2013, hal. 24-53

No comments:

Post a Comment